Hal Penting Tentang Baterai Mobil Timah-Asam

Baterai adalah bagian penting dari kendaraan dan tidak boleh diabaikan. Tanpa baterai yang sehat, mobil tetap diam. Kami bertanggung jawab untuk berapa lama mereka dapat mendukung kendaraan kami. Untuk memperpanjang umur Bali Car Rental mereka, kita perlu memeliharanya dengan baik. Baterai bebas perawatan perlahan-lahan mengambil alih baterai timbal-asam tetapi penting untuk dipahami bahwa prinsip dasarnya tetap sama. Kami akan membahas semua aspek penting dari baterai di artikel ini.
rental mobil bali
Bagaimana cara kerja baterai ?
Baterai mobil asam timbal adalah perangkat penyimpan energi yang terbuat dari pelat timbal dan timbal dioksida. Pelat ini direndam ke dalam larutan elektrolit. Persentase air adalah 65% dan asam sulfat berkontribusi 35% untuk larutan ini. Ketika baterai digunakan untuk menyalakan mobil, baterai akan habis. Asam sulfat dalam larutan elektrolit akan habis meninggalkan proporsi air yang lebih tinggi. Sulfat dikembalikan ke asam selama proses pengisian. Baterai memberikan arus tinggi yang diperlukan oleh motor starter untuk menghidupkan mesin mobil. Setelah mesin dihidupkan, baterai kembali diisi oleh sistem pengisian yang digerakkan mesin. Dalam proses ini, alternator mengambil energi yang diperlukan dari putaran mesin melalui sabuk untuk mengisi baterai. Ketika mesin menyala, alternator menghasilkan listrik untuk peralatan listrik mobil.

Apa yang membuat baterai lemah ?


Ketika mobil terkena sinar matahari langsung di musim panas untuk periode waktu yang lebih lama, itu mempercepat proses korosi dan menguapkan elektrolit. Ini mengurangi usia baterai membuatnya lebih lemah. Jadi, hindari memanaskan mobil Anda dengan sinar matahari dengan parkir di tempat yang cocok.

Baterai harus dipasang dengan benar untuk menghindari segala jenis getaran. Getaran ini dari waktu ke waktu mengguncang lempeng-lempeng yang pada gilirannya membuat koneksi internal hilang. Akibatnya, baterai tidak akan terisi dengan benar.

Setelah Anda menyalakan mobil, pastikan untuk mengendarainya dalam waktu yang cukup agar baterai dapat diisi ulang kembali. Alternator membutuhkan waktu untuk mengisi ulang baterai setelah melepaskan energinya saat menghidupkan mesin Bali Bike Rental . Jika tidak, baterai akan tetap terisi rendah yang tidak cukup untuk memberikan arus tinggi ke motor starter.

rental sepeda bali
Tetap menyalakan lampu depan atau sistem musik saat mesin dimatikan akan menghabiskan baterai seiring waktu. Hindari mencolokkan pengisi daya dalam waktu yang lama untuk mencegah baterai kosong.

Korosi pada terminal baterai sama berbahayanya dengan baterai seperti yang lainnya. Selalu bersihkan terminal baterai dengan hati-hati sekali atau dua kali dalam sebulan. Pastikan untuk memakai sarung tangan dan pelindung mata. Bubuk putih pada terminal beracun dan tidak boleh bersentuhan dengan kulit.

Tanda-tanda yang menunjukkan penggantian baterai :


Ada beberapa tanda yang mengindikasikan baterai Anda semakin lemah dan perlu diganti.

    Lampu mobil yang terang menjadi sedikit redup ketika mesin dimatikan.
    Motor starter berputar lambat ketika Anda menyalakan mobil karena arus yang rendah dari baterai.

Ada beberapa tanda visual yang menunjukkan baterai perlu diganti.

    Arus pendek internal atau pengisian daya yang berlebihan menyebabkan baterai bengkak. Jika Anda melihat tanda-tanda menggembung di sekitar baterai, gantilah.
    Periksa wadah baterai dengan hati-hati terhadap kerusakan pada wadah baterai.

Bagaimana cara menghidupkan mesin dengan baterai lemah?

Tidak disarankan menggunakan baterai yang lemah. Namun, dalam keadaan darurat, kabel jumper dapat digunakan saat Anda terjebak selama perjalanan di sepanjang jalan. Selalu simpan satu set kabel jumper di mobil Anda jika menurut Anda baterai tidak dalam kondisi terbaik. Kabel jumper memungkinkan Anda melompat memulai kendaraan Anda dengan bantuan mobil lain. Meskipun ini adalah teknik yang sangat sederhana tetapi langkah-langkah keamanan harus diambil untuk menghindari bahaya. Langkah-langkah berikut akan memandu Anda untuk memulai kendaraan:

    Pastikan kedua baterai memiliki peringkat tegangan yang sama yaitu 12 V
    Matikan sakelar pengapian setelah memarkirnya cukup dekat dengan mobil lain di posisi netral.
    Jangan sekali-kali melompati baterai beku. Itu bisa dengan mudah meledak.
    Kenakan sarung tangan karet dan kacamata keselamatan.
    Identifikasi dan hubungkan terminal positif kedua baterai dengan hati-hati satu sama lain.
    Pastikan ujung yang lain tidak menyentuh tubuh mobil untuk menghindari percikan berbahaya.
    Jepit kabel negatif ke terminal negatif dari baterai yang baik.
    Hubungkan ujung lain kabel negatif ke bagian logam mobil dengan baterai lemah.
    Akhirnya nyalakan mobil dengan aki yang bagus.
    Beri waktu 5-7 menit untuk mengisi baterai yang lemah.
    Sekarang mulai kunci kontak mobil dengan baterai lemah.
    Lepaskan kabel dengan hati-hati dengan urutan terbalik. Lepaskan kabel negatif terlebih dahulu diikuti dengan melepas kabel positif dari mobil dengan baterai yang baik. Pada akhirnya, lepaskan kabel positif dari mobil dengan baterai lemah.


Subscribe to receive free email updates: